Jun 14, 2012 - Article    No Comments

Belajar Bahasa Indonesia dan Teknik Penulisan Ilmiah (Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka)

Ini adalah materi akhir kita. Aku akan coba sedikit menjelaskan. Jadi kalau ingin minta contoh, silahkan email atau komen saja ya. ^^

Kutipan adalah pinjaman pendapat dari seseorang, baik yang berupa tulisan dalam buku, majalah, surat kabar, jurnal, bentuk tulisan lainnya, serta dalam bentuk lisan, seperti hasil pidato dan sebagainya.

Fungsinya adalah untuk landasan teori, penguat pendapat penulis, penjelasan suatu uraian, dan bahan bukti untuk menunjang uraian.

Kemudian kita menuju catatan kaki. Pasti udah pada tau kan? Fungsinya adalah menunjukkan sumber informasi bagi pernyataan ilmiah yang terdapat dalam tulisan ilmiah. Pemakaiannya untuk mendukung keabsahan penemuan atau pernyataan. Ada juga yang disebut referensi silang, yaitu petunjuk yang menyatakan pada bagian mana/halaman berapa, hal yang sama dibahas di dalam tulisan.

Sedangkan daftar isi merupakan daftar acuan/daftar rujukan yang dirujuk oleh penulis dalam karya tulis ilmiahnya. Daftar isi merupakan bagian dari sikap ilmiah dan memerlukan kecermatan & ketelitian.

Mungkin itu dulu dari aku. Jika ada yang mau minta contoh silahkan hubungi aku. ^^

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!