Mengenal Database Administrator

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Database Administrator, kita harus mengetahui dulu apa itu Database. Database merupakan sekumpulan data yang saling berhubungan. Database memiliki banyak variasi, beberapa diantaranya adalah Oracle, Microsoft SQL Server, MySQL, PostgreSQL, dan lain-lain. Untuk mengatur dan mengorganisasi penyimpanan dalam database, digunakan perangkat lunak khusus yang disebut RDBMS (Relational Database Management System). Berdasarkan penelitian dari perusahaan Gartner, ada 5 vendor yang memimpin pasar database berdasarkan data revenue tahun 2011 yaitu, Oracle (48.8%), IBM (20.2%), Microsoft (17.0%), SAP termasuk Sybase (4.6%), dan Teradata (3.7%).

Kemudian apa itu Database Administrator? Secara langsung kita bisa melihat bahwa Database Administrator adalah orang yang memiliki kendali penuh atas Database. Dalam hal ini dia yang bertanggung jawab atas fungsi operasional maupun efisiensi cara kerja database tersebut.

Sebagai seorang DBA (Database Administrator) kita harus bisa menghadapi masalah yang dihadapi. Kita juga harus siap 24 jam sehari 7 hari seminggu jika sewaktu-waktu ada masalah dengan Database yang dipercayakan pada kita. Untuk dapat merancang database, kita harus mengerti proses bisnis dari perusahaan yang kita tempati. Kita harus bisa menganalisa kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Skala perusahaan untuk seorang DBA cukup besar, meliputi Konsultan IT, Industri, Telekomunikasi, Bank, Tambang, Rumah Sakit, dan lainnya. Kebutuhan Tenaga Professional biasanya yang memiliki pengalaman minimal 2 tahun. Seorang Project Manager minimal pengalaman 10 tahun, sedangkan Senior System Analyst minimal pengalaman 3-5 tahun, kemudian DBA Oracle, DBA Oracle (OCP), DBA SQL Server memiliki pengalaman minimal 2 tahun. Yang harus di perhatikan adalah sebelumnya kita harus menguasai Database SQL Server, Oracle, Sybase dan Programming Visual Basic, C#, .NET, Java Programming, dan menguasai SDLC.

Untuk memiti karir DBA kita bisa memulai dari Junior DBA, System Administrator, Help Desk, dan Software Testing.

Sumber :

  • en.wikipedia.org
  • groups.yahoo.com/group/ilmukomputer
  • binuscareer.blogdetik.com

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!