Mengenal Disaster Planning

Rencana pemulihan ketika terjadi bencana seperti asuransi—anda bersyukur mempunyainya, tapi anda berharap itu tidak pernah terjadi. Seperti asuransi lainnya, anda membayar biaya tertentu agar anda di lindungi jika mengalami kecelakaan—dengan kata lain, investasi. Rencana pemulihan ketika terjadi bencana ini mirip dengan ketika anda melakukan investasi dengan menunjuk sebuah tempat pemulihan bencana, pengiriman salinan data backup, mempersiapkan pekerjaan pemulihan, dan berlatih prosedur pemulihan.

Kebutuhan Perencanaan

Rencana pemulihan ketika bencana bisa disebut juga dengan rencana kemungkinan, adalah proses mempersiapkan aset organisasi dan pekerjaan lainnya kalau terjadi bencana. Tapi apa bencana itu? Sungard Recovery Services (1995) memberikan definisi yang baik terhadap bencana: hal yang tidak direncanakan, kerugian krisis aplikasi bisnis yang luas karena kurangnya kemampuan pemrosesan komputer lebih dari periode 48 jam. Definisi anda mungkin kurang lebih ketat tergantung jangka waktunya, namun secara definisi dasar sama saja.

Resiko dan Pemulihan

Tujuan utama dari rencana pemulihan ketika bencana adalah meminimalkan biaya kerugian, kerusakan, sumber daya atau kemampuan fasilitas IT anda. Kesuksesan rencana pemulihan bencana database apapun tergantung dari kemampuan untuk menentukan resiko yang berhubungan dengan kehilangan data. Apakah dampak bagi bisnis anda jika kehilangan data?

Kesimpulan

Bagian dari tugas DBA adalah membuat rencana untuk mengurangi kerusakan pada kejadian seperti bencana. Tujuan utama adalah mengembalikan aplikasi kembali online dengan kehilangan data dan gangguan sekecil mungkin. Ada banyak komponen yang dibutuhkan untuk membuat rencana pemulihan bencana yang terus menerus, tapi hal itu sangat penting ketika rencana tertulis itu dibuat dan dipertahankan. Meskipun ruang lingkup tanggung jawab utama DBA adalah memastikan ketersediaan database dan keutuhan data, DBA harus menjadi bagian dari tim yang bertanggung jawab untuk pemulihan bencana. Perencanaan yang terus menerus, percobaa, dan percobaan adalah suatu hal yang sangat penting untuk terjadinya rencana pemulihan bencana yang dapat digunakan.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!